Central Raya Group

Sebelum Membeli Rumah Untuk Investasi, Wajib Pahami Hal Ini!

Membeli rumah untuk investasi tidak boleh sembarangan. Agar bisa untung di masa depan, pahami hal-hal ini sebelum membeli rumah.

Rumah merupakan properti penting yang dibutuhkan oleh hampir semua orang yang telah berkeluarga. Karena kebutuhan inilah, rumah bisa menjadi investasi menarik yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi rumah, pahami dahulu hal-hal penting berikut sebelum membeli rumah untuk investasi.

  1. Tentukan Tujuan Membeli Rumah
    Membeli rumah untuk ditinggali sangat berbeda dengan membeli rumah untuk investasi yang akan dijual kembali suatu saat nanti. Jika bertujuan untuk investasi, tentukan apakah itu akan menjadi investasi jangka menengah atau jangka panjang. Misalnya jika Anda mau investasi rumah untuk disewakan, maka semua pertimbangan harus diarahkan pada kemudahan dan keuntungan dalam menyewakan rumah. Semakin jelas tujuan investasi Anda, maka akan semakin mudah dalam menentukan properti mana yang akan dipilih.
    Menentukan tujuan membeli juga akan menentukan pemilihan lokasi properti atau rumah yang perlu Anda beli. Apalagi jika Anda akan menggunakannya untuk investasi jangka panjang, maka lokasi berperan penting untuk menentukan apakah di kemudian hari lokasi tersebut bagus dan menguntungkan karena adanya pengembangan ekonomi di daerah tersebut.
  2. Membeli Rumah dengan Harga Rendah, Namun Berpotensi Naik di Beberapa Tahun Ke Depan
    Dengan landasan pemilihan lokasi yang tepat, Anda bisa mulai membandingkan harga properti satu dengan lainnya yang ada di kawasan yang Anda incar. Tak perlu terburu-buru dalam memilih, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu agar mendapatkan properti dengan harga rendah dan berpotensi naik di masa yang akan datang. Perhatikan juga kondisi properti dan jangan asal beli jika kelihatan murah. Cek dahulu agar tidak perlu terlalu banyak keluar uang untuk perbaikan.
    Jika tak berhasil mendapatkan properti dengan harga miring, setidaknya pilih yang ditawarkan dengan harga wajar. Selama kondisi properti atau rumah tersebut masih bagus, tak masalah jika harus membeli dengan harga wajar. Toh ke depannya harga akan naik dan Anda bisa mendapat keuntungan dari hal tersebut.
  3. Perhatikan Kemungkinan Adanya Kenaikan Suku Bunga
    Membeli rumah melalui KPR dalam jangka waktu yang relatif panjang tentu akan berhadapan dengan fluktuasi suku bunga bank. Pertimbangkan kemungkinan adanya kenaikan suku bunga karena kenaikan suku bunga akan berimbas pada harga jual properti atau rumah Anda nantinya.
  4. Kalkulasi Pengeluaran dan Keuntungan
    Jika lokasi dan rumah serta harga sudah cocok, kalkulasikan dahulu rencana pengeluaran dan potensi profit yang bakal Anda dapatkan. Harga tanah memang akan selalu naik, sehingga mungkin Anda akan berpikir bahwa akan selalu untung. Tapi, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perawatan dan lain sebagainya. Jangan sampai tak memperhitungkan pengeluaran dan keuntungan hingga akhirnya tidak mendapat keuntungan. Masih mending jika impas, bagaimana seandainya malah rugi?
    Kalkulasi pengeluaran dan keuntungan adalah kunci untuk sukses investasi rumah. Lakukan perhitungan serinci mungkin untuk memudahkan Anda melakukan investasi dan menghindari risiko.

Nah itu dia hal yang wajib kamu pahami sebelum membeli rumah untuk investasi.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
The Icon Central Batam Center
📞: 0811-703-8868
📍: Jl. Sudirman, Taman Baloi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444
📄: https://theiconcentral.com/

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Live Chat